What I'm concerned of..

Send your message of solidarity!

Minggu, 17 Oktober 2010

IBM 1: Kelikatan Beras, Bahan Penyegar, dan Rempah-Rempah

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia karena beras merupakan suber karbohidrat dan sumber energi. Selain mengandung karbohidrat beras juga mengandung protein, lemak dan beberapa vitamin. Banyak faktor yang menentukan mutu beras, diantaranya adalah kelikatan, tekstur, dan penampakan.

Padi dan Beras
Perbandingan amilosa dan amilopektin bersifat khas pada berbagai varietas beras. Komposisi amilosa dan amilopektin tersebut menentukan kelikatan, tekstur dan penampakan nasi yang dihasilkan. Beras pera lebih tinggi kandungan ailopektinnya dibandingkan dengan beras pulen yang lebih tinggi kandungan amilopektinnya. Sedangkan beras ketan lebih tinggi lagi kandungannya amilopektinnya.

Bahan penyegar adalah semua bahan nabati yang dapat merangsang pemakainya, baik digunakan untuk merokok (fumiton), menyirih (mastikaton) ataupun dalam minuman. Yang termasuk ke dalam bahanpenyegar antara lain adalah kopi, beberapa, coklat, tembakau, sirih, kola, candu, dan ganja. Pada umumnya bahan tersebut mengandung zat perangsang yang termasuk alkaloid. Kopi dan teh mengandung kafein sedangkan coklat mengandung theobromin.

Biji Kopi

Jenis kopi bermacam-macam terdapat kopi Abysinia, Arabica, Java, Robusca, Jamaica dan Liberica. Selain kafein kopi juga mengandung zat gizi lain yang berupa protein, minyak aromatis, dan asam organik. Terdapat berbagai macam efek dari konsumsi kafein diantaranya adalah ketegangan, gelisah, gugup, dan mudah marah.
Selain kopi, salah satu minuman penyegar yang dikenal di Indonesia adalah teh. Selain sebagai konsumsi dalam negeri yang cukup populer, teh juga merupakan komoditi ekspor yang cukup popular. Menurut cara pengolahannya terdapat tiga macam teh yaitu teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

Daun Teh
dan
Minuman Teh 

Sementara itu bahan penyegar yang cukup popular dan digemari oleh semua kalangan usia adalah cokelat. Terdapat tiga jenis cokelat menurut penampakan fisiknya yaitu Criollo yang berpenampilan buah kuning atau merah, kulit buah tipis dan meruncing, dan biji besar. Selanjutnya terdapat varietasForetero yang mempunyai cirri-ciri buah bergerigi, ujung bulat, kulit buah tebal, berwarna kuning jika masak, biji buah tipis berwarna jingga, rasa kesat & pahit. Dan yang terakhir adalah jenis Trinitario yang merupakan campuran antara Criollo dan Foretero.
Coklat Batang

Rempah-rempah merupakan bahan hasil pertanian yang digunakan sebagai sumber cita rasa dan aroma. Rempah-rempah mengandung oleoresin sehingga cita rasa dan aromanya tajam dan spesifik. Bahan-bahan rempah dapat dihasilkan dari umbi, biji, kulit batang, bunga, daun, dan buah.

Rempah-Rempah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar